Adifikri's sdit album on Photobucket
 photo gickrcom_84c4149b-9153-6c24-69f9-0fd9b48fe4d6_zps75014d96.gif

Selasa, 06 November 2012

Siswa SMPIT Irsyadul Ibad Pandeglang Dilatih Wirausaha

Pandeglang - Setiap Hari Jumat ratusan siswa SMPIT Irsyadul Ibad, Pandeglang dilatih untuk berwirausaha.Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan agar para siswa bisa belajar mengenai cara berdagang dengan benar. Diharapkan, melalui pelatihan ini siswa bisa memiliki jiwa entrepreneurship di masa yang akan datang.

koordinator Kesiswaan SMPIT Irsyadul Ibad, Dian Nurkhusufisyamsi, mengatakan, sudah beberapa minggu ini siswa dilatih mengenai wira usaha. Pelatihan wirausaha ini dilakukan setiap hari jumat.

“Pelatihan wirausaha ini mungkin sesuatu yang baru bagi siswa SMPIT di Pandeglang. Kami ingin para siswa belajar mengenai teknis dan sulitnya berdagang. Dengan belajar seperti itu, para siswa bisa merasakan sulitnya mencari uang,” ujar Dian, Jumat (14/09/12).

Dian  mengatakan, pelatihan wirausaha ini di beri nama market day. Siswa, dididik untuk membeli keperluan dagang di pasar. Kemudian, mereka diminta untuk membuat dagangan dan menjualnya di sekolah. Adapun jenis makanan yang dijual berupa pudding, juice dan makanan kecil lainnya.

Adanya pola pembelajaran market day yang digelar setiap jumat ini, kata Dian, semakin menambah kemampuan siswa dalam mempelajari ilmu marketing. Para siswa juga diminta untuk melayani pembeli yang berasal dari siswa maupun orang tua siswa.

Menurutnya, menumbuhkan jiwa wirausaha ini diharapkan akan membuat siswa lebih kreatif. Artinya, para siswa diminta untuk percaya diri dan tidak malu ketika harus berjualan. Bahkan, siswa diharapkan bisa memiliki jiwa kreatif dan inovatif serta tidak pantang menyerah.

“Berdagang itu membutuhkan kemauan, tidak mudah menyerah dan memiliki semangat tinggi. Kami ingin siswa kami memiliki semua itu,” katanya.

Market day yang digelar di SMPIT, juga disambut baik oleh sejumlah siswa maupun orang tua murid. Iik, salah seorang wali murid mengaku menyambut baik usaha yang dilakukan sekolah untuk menumbuhkan wirausaha dikalangan siswa.

Dia mengatakan, dengan kegiatan seperti ini siswa diharapkan bisa belajar mengenai cara mencari uang. Itu juga menjadi bagian dari pembelajaran siswa bahwa orang tua para siswa harus bekerja keras untuk membiayai siswa sekolah.

“Nantinya anak-anak itu akan belajar dan tidak mudah menyerah. Mereka akan menghargai orangtuanya yang bersusah payah mencari uang,” katanya. (mediabanten.com)

0 komentar:

Posting Komentar