Adifikri's sdit album on Photobucket
 photo gickrcom_84c4149b-9153-6c24-69f9-0fd9b48fe4d6_zps75014d96.gif

Selasa, 13 November 2012

Selamat Tahun Baru Hijriyah


Dalam bahasa Arab, hijrah bisa diartikan sebagai pindah atau migrasi. Tafsiran hijrah disini diartikan sebagai awal perhitungan kalender Hijriyah, sehingga setiap tanggal 1 Muharam ditetapkan sebagai hari besar Islam. Memang, sejak hijrahnya Rasulullah ke Yastrib, sebuah kota subur, terletak 400 kilometer dari Makkah, Islam lebih memfokuskan pada pembentukan masyarakat muslim yang tidak kampungan dibawah pimpinan Rasulullah.

Jadi inti dari peringatan tahun baru Hijriyah adalah pada soal perubahan, maka ada baiknya momen pergantian tahun ini kita jadikan sebagai saat-saat untuk mengubah diri menjadi lebih baik. Itulah fungsi peringatan tahun baru Islam.

Oleh karena itu kami SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT IRSYADUL ‘IBAD PANDEGLANG) menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat Pandeglang bahwa:
  1. Sebagai muslim yang taat dengan ajaran agama Islam, hendaklah kita menyambut tahun baru hijriyah ini dengan berbuat dan memperbaiki amalan-amalan kita ditahun lalu.
  2. Hendaklah menyambut tahun baru ini dengan tidak melakukan sesuatu seperti yang dilakukan non Muslim merayakan tahun baru Masehi. Janganlah melakukan berbagai kegiatan atau “ibadah” yang tidak dicontohkan oleh Rasulullah SAW.
  3. Hidup kita semakin hari semakin berkurang, bukannya bertambah. Maka, selayaknya kita yang taat pada Allah mempergunakan kesempatan hidup di dunia ini dengan sebaik mungkin, karena ajal manusia merupakan rahasia Allah, dan jarum jam tidak akan pernah berbalik arah, sedah sepantasnya kita memperbaiki diri kita masing-masing.
Semoga hari ini lebih baik dari hari kemarin dan hari esok lebih baik dari hari ini. Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang hari ini keadaannya sama dengan kemarin maka dia rugi, siapa yang keadaan hari ini lebih buruk dari kemarin, maka dia celaka,” (Al-Hadist)

1 komentar: