Adifikri's sdit album on Photobucket
 photo gickrcom_84c4149b-9153-6c24-69f9-0fd9b48fe4d6_zps75014d96.gif

Selasa, 06 November 2012

10 Karakter Peserta Didik di Sekolah Islam Terpadu

Pengertian Dasar Sekolah Islam Terpadu :
Secara komprehensif SIT adalah Sekolah Islam yang diselenggarakan dengan memadukan secara integratif nilai dan ajaran Islam dalam bangunan kurikulum dengan pendekatan pembelajaran yang efektif dan pelibatan yang optimal dan koperatif antara guru dan orang tua, serta masyarakat untuk membina karakter dan kompetensi peserta didik.

Karakter Sekolah Islam Terpadu
Karakteristik utama SIT adalah :
  1. Menjadikan Islam sebagai landasan filosofis
  2. Mengintegrasikan nilai Islam ke dalam bangunan kurikulum
  3. Menerapkan dan mengembangkan  metode pembelajaran untuk mencapai optimalisasi proses belajar mengajar
  4. Mengedepankan qudwah hasanah dalam membentuk karakter peserta didik
  5. Menumbuhkan biah sholihah dalam iklim dan lingkungan sekolah: menumbuhkan kemaslahatan dan meniadakan kemaksiatan dan kemungkaran
  6. Melibatkan peran serta orang tua dan masyarakat dalam mendukung tercapainya tujuan pendidikan
  7. Mengutamakan nilai ukhuwah dalam semua interaksi antarwarga sekolah
  8. Membangun budaya rawat, resik, rapih, runut, ringkas, sehat, dan asri
  9. Menjamin seluruh proses kegiatan sekolah untuk selalu berorientasi pada mutu
  10. Menumbuhkan budaya profesionalisme yang tinggi di kalangan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan
Tujuan Umum Pendidikan SIT
Adalah membina peserta didik untuk menjadi insane muttaqien yang cerdas, berakhlak mulia dan memiliki keterampilan  yang memberikan manfaat dan maslahat bagi umat manusia, dengan rincian karakter (muwashoffat) sebagai berikut :
  1. Aqidah yang Bersih (Salimul Aqidah)
  2. Ibadah yang Benar (Shohihul Ibadah)
  3. Pribadi yang matang (Matinul Khuluq)
  4. Mandiri (Qodirun Alal Kasbi)
  5. Cerdas dan Berpengetahuan (Mutsaqqoful Fikri)
  6. Sehat dan kuat (Qowiyul Jismi)
  7. Bersungguh-sungguh dan Disiplin (Mujahidun Linafsihi)
  8. Tertib dan Cermat (Munazhzhom Fi Syu’unihi)
  9. Efisien (Harisun ‘Ala Waqtihi)
  10. Bermanfaat (Nafiun Lighoirihi)

0 komentar:

Posting Komentar